Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor

Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor - Mudik dengan sepeda motor memenag memiliki seni dan efektifitas tersendiri. Jika anda berencana mudik menggunakan sepeda motor tahun ini, sebaiknya persiapkan tidak hanya diri anda tapi juga motor anda, sebab perjalanan mudik menggunakan sepeda motor tentu sangat melelahkan.

Dibawah ini akan dishare beberapa tips untuk anda yang ingin mudik dengan motor, semoga bermanfaat.

Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor

Tips Mudik Aman dan Nyaman Menggunakan Sepeda Motor


Cek kesiapan motor



Cek kelengkapan motor

Sebelum berangkat mudik, cek kembali kelengkapan motor anda seperti SIM dan STNK.


Cek perkakas motor

Di setiap motor biasanya disediakan sebuah kantong berisi alat perkakas. Jangan lupa untuk membawa alat tersebut, sewaktu waktu motor anda bermasalah di jalan anda bisa menyelesaikannya sendiri


Persiapkan diri anda

Sebelum berangkat, hilangkan sifat-sifat yang dapat mengganggu perjalanan Anda, seperti sifat agresif, stress akibat pekerjaan, ataupun masalah-masalah lainnya. Bila suasana kita tenang, santai dan rileks, perjalanan menjadi lebih menyenangkan.


Cek kesehatan

Pastikan kondisi tubuh kita dalam keadaan yang benar-benar bugar. Tunda perjalanan mudik, bila fisik kita tidak dalam keadaan fit. Kondisi yang sehat dapat membantu Anda berkonsentrasi selama berkendara sehingga dapat bereaksi dengan cepat bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Gunakan perlengkapan motor yang standar

Gunakan perlengkapan standar berkendara untuk keselamatan Anda seperti helm full face berkualitas yang berkaca bening, sarung tangan, body protector, pengaman lutut, pakaian yang dapat menyerap keringat, jaket, hingga sepatu yang nyaman. Jangan lupa juga bawa jas hujan untuk berjaga-jaga dengan model baju dan celana terpisah, bukan jas hujan terusan karena bisa terlilit roda.


Siapkan obat dan perlengkapan kesehatan

Siapkan juga obat-obatan P3K dan vitamin untuk menunjang kesehatan Anda.


Siapkan rute mudik

Rencanakan rute mudik dengan matang. Lihatlan peta mudik agar Anda tidak tersesat yang bisa memperpanjang dan membuang waktu Anda. Akan lebih baik jika anda punya aplikasi peta di gadget anda.


Isi bahan bakar

Sebelum berangkat, isi tangki bahan bakar motor Anda penuh dan cukup menempuh jarak menuju SPBU berikutnya.


Siapakan cadangan bahan bakar

Pertamina saat ini sudah menyiapan bahan bakar dalam bentuk kemasan 5 liter. Anda bisa membelinya untuk jaga jaga.


Patuhi rambu lalu lintas

Saat Anda sudah berada di jalan, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan tetaplah waspada melihat kondisi di depan seperti permukaan yang licin, genangan air, lubang, dan berkendaralah dengan posisi yang nyaman.


Kecepatan jangan melebihi 80 km/jam

Jaga kecepatan motor anda, jagan sampai melebihi 80 km/jam walaupun kondisi jalan sedang lengang, agar motor anda bisa dikendalikan dengan baik.


Istirahat maksimal setiap 4 jam

Jangan paksakan mengemudi secara terus-menerus tanpa berhenti. Maksimal pengemudi berkendara selama 4 jam dan setelah itu harus istirahat. Anda bisa menggunakan alat pijat eletrik portable untuk menghilangkan rasa lelah dan pegal anda dengan cepat.


Jangan bawa beban terlalu banyak

Jika anda mudik bersama istri dan anak, pastikan barang yang anda bawa tidak terlalu banyak, sehingga motor anda tetap bisa dikendalikan secara baik.


Berangkat secara rombongan

Ada baiknya jika anda berangkat secara rombongan, sehingga perjalanan mudik anda lebih menyenangkan. Anda bisa cari informasi mudik dengan motor secara rombongan di forum forum otomotif.


Gunakan posko mudik yang disediakan ATPM

Sepanjang rute mudik sendiri sudah tersedia Posko Mudik yang disediakan ATPM atau instansi pemerintah yang tersebar di mana-mana. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk mengembalikan kondisi tubuh dengan beristirahat atau makan dan minum.


Sambil Anda meluruskan kaki dan bersantai, lakukan pengecekan kembali terhadap motor Anda atau kalau perlu ganti oli dan mengganti komponen lain yang sudah aus.